Kamis, 11 September 2008

HORMAATTTT!!!!!!!!!!....GRAKKKK!


kadang kita tak menyadari, jauh di atas gelar sarjana ataupun status pejabat negara seringkali lupa pada siapa kita sebenarnya.
dalam bicara kita bisa lontarkan beribu kata-kata bijaksana...namun, dalam realita, terkadang jauh lebih bodoh dari seekor kera! ketika kita dikuasai nafsu, ego dan syahwat, seringkali keluar kata-kata cerca, umpatan dan sumpah serapah;
segala gelar intelektual saat itu mungkin tidak ada artinya. dan jika kita sadari, kita sangat jauh sekali dari kesan seorang intelektual. apalagi bagi mereka yang berani melakukannya pada seorang wanita. dengan serta merta kesan yang selama ini terlihat sangat terhormat dan berwibawa, bisa lenyap seketika.
barangkali, benar apa kata filsafat Cina tentang Yin dan Yang, bahwa kehidupan ini haruslah berjalan dengan harmoni. bahwa ada siang ada malam, ada gelap ada terang, yang bila salah satunya tak berfungsi, maka semuanya akan goyang. artinya, jika kecerdasan tidak diimbangi dengan keimanan atas kemaha kuasaan Tuhan maka yang terjadi adalah kekerasan, ketimpangan, dan kehancuran!. jika kita melakukan kekerasan pada orang lain, berarti kita tidak menghormati diri sendiri. orang yang menghormati/menghargai dirinya sendiri adalah orang yang memahami kecerdasan dan keimanan yang diberikan Tuhan. dia tidak berbuat bodoh untuk menunjukkan kebodohannya hingga terlihat benar-benar bodoh!